Kumpulan Informasi Kesehatan dan Psikologi Wanita

Tenggorokan sakit Waktu Menelan makanan

Tenggorokan sakit waktu Menelan makanan menandakan ada yang tidak beres dengan tenggorokan Anda, atau tenggorokan Anda sedang sakit. Setiap kali Anda makan, makanan maupun minuman tersebut akan melewati bagian tenggorokan. Oleh karena itu, waktu Anda terinfeksi sakit tenggorokan, Anda akan merasa sakit ketika menelan makanan. Hal tersebut membuat Anda menjadi tak enak makan, efek lainnya akan mengikuti, karena tak enak makan, Anda akan kekurangan gizi sebab menjadi malas makan dan berbagai efek negatif lainnya. Badan juga menjadi lemas saat kekurangan gizi. Mari baca selengkapnya.


sakit-tenggorokan


Tanda-tanda

Apabila Anda ingin tahu tenggorokan Anda sedang sakit atau tidak, caranya cukup mudah. Ketika Anda menelan makanan, yang akan Anda rasakan akan berbeda dibandingkan ketika Anda menelan biasanya. Anda akan merasa benar-benar sakit di bagian tenggorokan tersebut, tepatnya ketika makanan melewati daerah tenggorokan. Juga, rasa sakit ini terkadang mendadak, contohnya saat malam harinya ketika Anda hendak tidur tenggorokan masih tidak apa-apa, namun keesokan paginya ketika Anda mau makan pagi tenggorokan terasa sakit waktu menelan makanan. Tak hanya itu, apabila kondisi sudah semakin parah, bahkan saat meludah pun Anda akan merasa sakit serta tak nyaman. Tanda-tanda lainnya yakni suara yang berubah menjadi serak.

Sumber penyebab sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan waktu menelan ini bisa disebabkan 2 hal, yakni virus dan juga bakteri. Virus yaitu sel organisme yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi di tenggorokan dan juga tubuh seseorang. Sementara itu, bakteri adalah mikroorganisme yang dapat mengakibatkan bau mulut dan terjadinya infeksi sariawan. Kembali berbicara mengenai virus, virus ini sebenarnya selain mengakibatkan sakit tenggorokan, juga dapat mengakibatkan penyakit yang lain, contohnya adalah batuk dan flu, juga berbagai penyakit ringan maupun berat yang lain.

Sakit tenggorokan yang sudah terlalu lama

Umumnya sakit tenggorokan ini akan diikuti tanda-tanda rasa sakit saat menelan, namun biasanya sembuh dalam waktu yang tak terlalu lama. Tetapi jika dalam beberapa bulan, sakit tenggorokan tak kunjung sembuh juga, itu ada kemungkinan Anda bukan terjangkit penyakit tenggorokan biasa, melainkan ada yang lain. Penyakit tersebut berupa Tonsilitis kronis, Faringitis kronis eksaserbasi akut, Faringitis kronis, dan Tonsilofaringitis kronis. Faringitis sendiri adalah penyakit tenggorokan yang diakibatkan oleh virus yang bernama Rhinovirus, juga bakteri spesies streptococcus. Keduanya merupakan penyebab terjadi faringitis. Tanda-tanda dari penyakit yang disebutkan sebelumnya tersebut tak sama. Walaupun masih termasuk kategori sakit tenggorokan, tetapi badan Anda tak akan demam, suara tak menjadi serak, namun Anda akan merasa terdapat sesuatu yang mengganjal di dalam tenggorokan. Apabila itu yang terjadi, Anda harus waspada.

Tonsilitis

Apa itu Tonsilitis? Tonsilitis ini adalah penyakit yang menyerang amandel, disebut juga radang tonsil. Untuk Anda yang belum mengerti tentang pemahaman dari tonsil. Tonsil adalah kelenjar limfe yang terdapat di bagian dinding belakang tenggorokan seseorang. Kegunaan tonsil yakni untuk benteng pertahanan serangan musuh di tubuh Anda. Musuh tersebut tak lain adalah kuman, bakteri, virus, serta berbagai benda asing lainnya. Di mana kesemuanya ini merugikan bagi tubuh.

Tanda-tanda atau gejala dari penyakit Tonsilitis yaitu terdapat pembengkakan di amandel. Tanda lainnya yakni munculnya bercak berwarna putih. Namun di beberapa orang, tanda-tanda yang diperoleh itu berbeda-beda, walaupun ada juga yang sama. Sekian artikel unumkcoksm tentang tenggorokan sakit waktu menelan makanan, semoga lekas sembuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tenggorokan sakit Waktu Menelan makanan